Interior Toko, Inspirasi, Ruang, Usaha, Butik, Denah, Layout

DESAIN INTERIOR UNTUK USAHA BUTIK


Saat ini tren wirausaha sedang naik daun di tengah masyarakat, sehingga peluang untuk membuka usaha kecil hingga menengah sangat menggiurkan. Selain itu, membuka usaha sendiri berarti membuka peluang untuk menjadi mandiri, mengembangkan ide usaha, mendapatkan sejumlah keuntungan serta membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Hal ini tidak akan didapat ketika seseorang bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan. Ada beberapa jenis usaha yang memerlukan tempat/ruang usaha agar calon pelanggannya dapat melihat barang ataupun jasa yang sedang diperjualbelikan. Salah satu caranya adalah dengan menjalankan usaha di rumah sendiri dengan menyewa gedung atau ruang yang biayanya lebih kecil dibandingkan membangun atau membeli gedung/bangunan.

Ketika memulai usaha tentunya pemilik usaha tersebut juga harus dapat mengatur dengan baik layout tempat usahanya, sehingga ruang usaha tersebut memiliki penerangan dan ventilasi udara yang cukup menarik, serta tidak lupa memerhatikan keamanan dan kenyamanan para pelanggan. Untuk dapat meningkatkan kenyamanan dalam ruang usaha maka perlunya merencanakan, menata, dan merancang ruang-ruang interiornya, Tujuan dari penataan ruang ini adalah agar ruang-ruang interior yang tercipta dapat menjadi wadah bagi kegiatan usaha secara fungsional, dapat meningkatkan keindahan, serta memberikan efek psikologis bagi pengguna ruang interior tersebut.

Sebagai salah satu dasar inspirasi bagi para pemilik rumah usaha maka di dalam artikel ini admin menyajikan beberapa inspirasi ragam desain interior ruang usaha yang bervariasi, mulai dari usaha butik, kantor, lembaga edukasi, foodand beverage, salon, serta jasa/produk yang kutip dari hasi karya Yesika Mariana. 

Dalam setiap jenis usaha ini disajikan lima ragam desain denah dan perspektif ruang usaha yang dapat menjadi sumber ide dan gagasan dasar bagi pembaca untuk dapat mengembangkan desain ruang usahanya sendiri. Semoga keseluruhan ragam desain ini dapat memberikan masukan bagi pembaca yang memiliki kendala dalam mengembangkan gagasan atau ide interior ruang usaha yang akan dirintis.

 Desain Interior Ruang Usaha
Beberapa faktor pendorong seseorang mndatang sebuah toko atau cutlet berupa faktor internal, yaitu berupa dorongan untuk memilki barang atau benda baru. Selain itu, ada faktor eksternal, yaitu karena adanya promosi dori toko dan penataan ruang toko. Namun memang terbukti selain strategi promosi melalui diskon dan iklan, dekorasi interior toko juga menarik pengunjung untuk masuk dan melihat-lhat koleksi yang ada di toko. Tentu saja, keindahan tata ruang memliki pengaruh yang cukup nyata dalam mengembangkan suatu bisnis. Usahakan semaksimal mungkin dengan memadupadankan berbagai furnitur yang sangat menunjang kenyamanan pengunjung dan desainnya tidak membatasi ruang gerak pengunjung yang sangat dinamis.

Desain Interior Ruang Usaha

Inspirasi Desain Interior Ruang Usaha Butik

Le Deuxxieme Sac

Masyarakat perkotaan, khususnya wanita, kini semakin sadar akan penampilan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa mereka tidak hanya menginginkan sebuah penampilan yang sempurna dan cantik, tetapi juga penampilan yang dapat memberikan pride. yaitu dengan menggunakan barang-barang bermerek.

Tas merupakan salah satu aksesori iashion yang menjadi bagian penting dari penampilan seseorang, terutama jika bermerek tertentu. Membawa sebuah tas branded terkadang dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri dan nilai dari penggunanya, sehingga bisnis ini patut dilirik karena menjanjikan keuntungan yang berlipat. Butik ini menggunakan nama le deuxieme sac Boutique (butik tas bekas) yang berasal dari bahasa Perancis yang artinya the second bag. Konsep yang digunakan dalam butik ini adalah menyediakan tas branded original dengan sistem member. M ember tersebut dapat menyewakan sebuah/beberapa tas yang diinginkan dalam periode waktu tertentu dan jika sudah bosan dapat menukarkan dengan model yang lainnya.

Layout

Denah
Desain butik ini bisa diterapkan di lokasi pertokoan, mal, garasi, atau ruang depan rumah Anda. Ukuran ruangan yang dibutuhkan adalah 350 cm x 350 cm, dengan pilihan penutup lantai antara lain karpet, parket, ataupun granit. Tujuannya untuk membuat kesan mewah, padahal sebenarnya simpel. Pemilihan warna penutup lantai bernuansa keabu-abuan dengan penggunaan lis aluminium putih, sebagai aksen pada lantai. Ukuran penutup lantai besar, berkisar 50-80 cm untuk memunculkan kesan ruang tidak rumit, tetapi elegan. Posisi meja kasir terletak di tengah ruangan agak ke belakang dengan tujuan memudahkan pengawasan tas yang dipajang. Lemari pajangan/display berbentuk 'U' dan penuh menutup ketiga sisi dindingnya.

Perspektif Ruang Le Deuxxieme Sac
Desain lemari dispiay dibuat minimalis dengan nuansa cat berwarna putih tulang dikombinasikan dengari krem muda. Dengan begitu background lemari tersebut menjadi latar belakang yang netral. Tujuannya adalah agar pusat perhatian pengunjung tertuju pada tas tas branded yang dipajang, bukan pada lemari display nya. Motif anyaman pada dinding yang dicat duco berwarna krem muda, sehingga memberikan aksen 'samar". Hal itu bertujuan agar suasana ruang butik tersebut tidak membosankan. Meja kasir didesain menyerupai model tas "top handle bag" agar terkesan bergaya dan menarik.

Pada lemari dtsplay, bagian atas dan bawah yang dibuat tertutup digunakan sebagai lemari penyimpanan,-stok barang. Agar suasana bulik terlihat terang, mewah, dan elegan maka lampu sorot dispiay menggunakan lampu berwarna kuning. Lampu sorot yang disarankan adalah LED agar cahaya yang ditimbulkan tidak terlalu panas (untuk menghindari kerusakan pada tas akibat panas yang berlebihan). Tidak terdapat variasi yang berlebihan pada lemari pajangan dan plafon supaya tidak menimbulkan kesan ruang yang sempit dan tidak nyaman.

Kvinnors Shoes

Kecantikan identik dengan wanita, begitu pula sebaliknya. Bentuk kaki yang indah pun menjadi salah satu ukuran fisik untuk definisi cantik. Negara Swedia berada di urutan kedua dunia dengan wanita tercantiknya. Oleh karena itu. penamaan butik ini diidentikkan dengan perempuan atau wanita dalam bahasa Swedia yaitu kvinnors. Bagi para calon pelanggan yang akan membeli sepatu di butik ini diharapkan akan memiliki aura sensual kewanitaan yang akan membuat mereka menjadi semakin menarik, cantik, dan menawan.

Layout
Desain butik ini berukuran 715 cm x 350 cm dengari bentuk denah memanjang. Penataan layout ruangan dibuat agak kosong dengan dominasi lemari display pada dinding, sebuah meja display, satu unit meja kasir, satu ruang gudang penyimpanan, dan satu unit sofa panjang agar tidak berkesan sumpek dan padat. Iantai butik ini menggunakan pecahan keramik putih yang dipasang dengan pola acak dengan nat keramik agak lebar, agar terkesan rustic dan apa adanya. Walaupun demikian, pola keramik tersebut tetap diolah dengan sentuhan modern menjadi suatu bentuk ekspos yang menarik. Ruangan dibuat luas dengan penggunaan sedikit perabot agar para pengunjung dapat dengan leluasa bergerak mencoba sepatu yang dipilih dengan berjalan tanpa adanya penghalang. Seakan akan pengunjung sedang berjalan di atas catwalk.


Penggunaan segi enam (heksagon! beraturan pada lemari display memberikan kesan unik dan modern. Agar dapat memberikan kesan luas, bersih, dan bebas maka nuansa yang digunakan dalam ruang dominan berwarna putih. Namun, jika terlalu banyak menggunakan warna putih akan menyebabkan mata lelah. Oleh karena itu, pemberian kombinasi warna kuning yang memberikan kesan hangat dan ceria menjadi salah satu pilihan yang tepat. Selain itu, keberadaan warna kuning juga mengandung makna optimis dan semangat, sehingga suasana butik ini dapat memberikan nilai positif bagi para pelanggan yang memasuki butik tersebut.

Pemasangan cermin di sepanjang lemari penyimpanan selain memberikan kesan luas, juga dapat dipergunakan sebagai kaca untuk bercermin bagi para pelanggan yang ingin melihat sepatu yang sedang dicobanya. Pemasangan wallpaper timbul (embossed wallpaper) dengan nuansa warna putih keabu abuan dan bermotif agak samar acak menambahkan kesan unik dan menarik. Pilihan sofa berbentuk dinamis yang menggunakan kulit sintetis berwarna kuning memberikan kesan kontras dan menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Copyright © Desimasii. All rights reserved.